Jumat, 27 Juli 2012

Cara Meningkatkan Karir di Pekerjaan

Siapapun yang berstatus karyawan pasti ingin meningkatkan karir di pekerjaan. Namun tidak jarang dari mereka selalu mengalami kegagalan. Terlalu serius dan semangat dalam bekerja ternyata belum cukup untuk meingkatkan karir seseorang. Di bawah ini beberapa tips cara meningkatkan karir di pekerjaan:

1. Berani mengerjakan tugas yang sulit. Dalam pekerjaan terkadang kita mendapat tugas yang sulit atau belum pernah kita kerjakan. Nah, jika ingin mendapat perhatian dari rekan kerja lain yang tidak berani mengambil resiko untuk mengerjakan tugas tersebut, kita bisa mengambil resiko untuk mengerjakannya. Bisa jadi keberanian kita ini adalah kesempatan untuk mendapat kenaikan jabatan namun tentu saja jika kita sukses mengerjakannya. Rekan-rekan kerja akan menilai kita sebagai orang berani dan pekerja keras. 


2. Mempelajari teknologi terupdate. Walaupun kita sudah bekerja bukan berarti kita menutup hal lain di luar pekerjaan atau berhenti belajar. Teknologi merupakan hal yang wajib kita pelajari karena hampir di semua bidang pekerjaan teknologi memegang peranan penting. Utamanya teknologi informasi.



3. Ketahui batas kemampuan diri. Kita bisa saja menjalin koneksi dengan rekan-rekan kerja lain atau berani mengerjakan tugas yang sulit namun usahakan jangan melakukannya di luar batas kemampuan diri. Misalnya kita terlalu memaksa bergaul di lingkungan yang tidak cocok dengan kepribadian kita atau mengerjakan tugas sulit dengan tanpa perhitungan matang. Jika kita tidak mampu untuk itu jangan memaksa diri karena jika dipaksakan justru akan berimbas kurang baik di hadapan rekan-rekan kerja. 

4. Berteman dengan rekan kerja dari divisi atau departemen lain. Rajin bergaul menandakan diri kita sebagai orang supel dan ramah. Ini juga berpotensi meningkatkan karir karena luasnya pergaulan akan memudahkan kita mencari tim terbaik dalam membantu kita menyelesaikan tugas kantor.

5. Menjalin koneksi dengan karyawan perusahaan lain. Memiliki koneksi yang luas tentunya akan menjadi nilai plus untuk kita karena dari hubungan tersebut kita bisa mengetahui perkembangan perusahaan lain serta mendapat info lowongan kerja terutama cara mendapat pekerjaan atau karir di perusahaan A atau perusahaan B. Tentu saja jika kita tidak ingin melanjutkan bekerja di perusahaan lama karena satu dan lain hal kita bisa mengambil kesempatan ini. Siapa tahu kita bisa lebih meningkatkan karir di pekerjaan yang baru nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar