Selasa, 15 Januari 2013

10 Tips Hadapi Wawancara Kerja

Wawancara atau inteview kerja merupakan salah satu bagian terpenting dalam proses perekrutan karyawan karena itu persiapkanlah diri sebaik mungkin dan simak beberapa tips hadapi wawancara kerja berikut ini.

1. Tampil Bersih dan Rapi. Gunakan busana terbaikmu, bersih, sopan, rambut rapi dan wangi. Hal ini penting untuk meningkatkan kepercayaan diri kamu saat bertemu dengan orang. 

2. Tepat Waktu. Hadirlah ke lokasi interview 10 menit lebih awal dari jadwal dan jangan sampai terlambat. 

3. Persiapkan Dokumen. Jangan lupa bawa salinan resume, cv atau surat keterangan kerja sebelum interview. Kita juga harus mempersiapkan catatan kecil untuk bertanya menjelang interview berakhir. 

4. Tunjukkan Antusias. Jabatan tangan yang hangat dan mengatur kontak mata dengan lawan bicara akan menunjukkan kalau kita percaya diri. Berbicara juga gunakan bahasa yang lugas dan tegas supaya tidak terlihat terlalu gugup. 

5. Ketahui Seluk Beluk Perusahaan. Usahakan mengetahui keadaan perusahaan yang kita lamar seperti layanan, produk, konsumen dan kompetisi yang akan dihadapi perusahaan. Hal ini akan membuat kita bisa memberikan gambaran dan masukan kepada pihak perusahaan nantinya.

6. Mendengar Seksama. Hal ini mungkin banyak yang menyepelekan namun mulai saat ini jangan. Dengarkan dengan seksama apa yang dikatakan pihak yang menginterview karena dari sini kita bisa mendapat celah untuk menjawab sekaligus bertanya. 

7. Jawab Setiap Pertanyaan Dengan Jelas. Pastikan untuk mengerti apa yang ditanyakan pihak yang menginterview. Jangan sungkan meminta ulang pertanyaan jika belum jelas. 

8. Tunjukkan Kelebihan. Persiapkanlah cerita mengenai diri sendiri dan pengalaman sebelumnya saat dimana kita berhasil mengukir prestasi di pekerjaan sebelumnya atau sekolah. Pengalaman di masa lalu merupakan indikasi performa kita ke depannya. 

9. Bertanyalah. Banyak kandidat yang tidak menerapkan hal ini saat interview, entah karena grogi sehingga lupa atau memang tidak ada hal yang perlu ditanyakan. Jangan ragu bertanya karena pertanyaan kita bisa mengindikasikan ketertarikan kita dengan perusahaan. 

10. Tindaklanjuti. Setelah wawancara selesai janganlah bersikap pasif. Selang beberapa hari setelah interview tindaklanjuti dengan mengirimkan email atau menelepon untuk sekedar bersosialisasi dan menanyakan peluang kita di sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar